Nurjanah Hulwani Site
Informasi kegiatan, arsip ceramah, kiprah, pengalaman keseharian, beserta informasi-informasi kegiatan terkait dari Nurjanah Hulwani.
Rabu, 31 Desember 2008
NASYITHA CENTER













Seminar awam : Kesehatan Reproduksi Wanita


Wanita selalu menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Begitu indahnya Tuhan menciptakan makhluk-Nya ini, dan selalu banyak hal yang dapat diambil sebagai pelajaran.

Pada tanggal 24 Februari 2008, Permata Cibubur bekerja sama dengan Nasyitha Center mengadakan seminar yang mengangkat topik “Kesehatan Reproduksi Wanita”. Pembicara terdiri dari Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K) dan Hj. Nurjanah Hulwani, S.Ag. Acara ini merupakan bentuk kepedulian rumah sakit dalam meningkatkan pengetahuan para wanita mengenai cara pencegahan kanker serviks dan kesehatan wanita dalam Islam.

Pada sesi ilmiah pertama ustadzah Hj. Nurjanah Hulwani, S.Ag, menjelaskan gaya hidup wanita dalam Islam. Di dalam Islam, wanita mendapat perhatian bahkan sangat istimewa pembahasannya, mulai dari waktu berhubungan yang harus pada saat suci (tidak haid), bagaimana seharusnya memanfaatkan waktu sehat sebelum datang sakit, cara menjaga kebersihan faraj ( kemaluan wanita ), dan larangan Islam terhadap sex bebas. Memang sudah seharusnya gaya hidup mengacu pada norma agama. Beliau sendiri berprinsip, hidup haruslah berorientasi kepada ibadah. Dengan begitu bukan tidak mungkin, wanita dapat terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Selanjutnya Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K) (biasa dikenal dr. Ovi), menjelaskan kembali apa itu kanker serviks, apa yang menyebabkannya, tingkat beratnya penyakit, faktor resiko sampai kepada cara pencegahannya, karena ternyata kanker ini jika dideteksi sejak dini sangat mempengaruhi keberhasilan pengobatan. Jika kanker ditemukan pada fase prakanker maka keberhasilan pengobatannya mendekati 100 persen. Seperti yang telah dikenal banyak wanita, ada beberapa pemeriksaan skrining kanker serviks yaitu tes HPV, Pap tes (pap smear), tes IVA dan kolposkopi. Bahkan saat ini telah dikembangkan pemberian vaksin HPV (penyebab utama penyakit kanker serviks). Semua pemeriksaan maupun vaksin tersebut dapat diperoleh di Permata Cibubur.

Pada sesi tanya jawab, pertanyaan yang diajukan beragam seperti apakah syarat-syarat imunisasi HPV (Human Papiloma Virus), adakah masalah yang timbul jika wanita rutin pap smear, apakah mungkin infeksi HPV berasal dari konsumsi obat-obatan, sampai adakah kemungkinan wanita yang didapati lesi pra kanker dapat hamil kembali. Semua jawaban di berikan secara lugas, dan mudah dipahami oleh semua peserta seminar oleh Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K) yang sudah dikenal kepiawaiannya dalam hal kandungan.




Label:

posted by Nurjanah Hulwani @ 10.46  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me

Name: Nurjanah Hulwani

  • Nama Lengkap: Hj. Nurjanah Hulwani, S. Ag
  • TTL: Jakarta, 9 Maret 1969
  • Alamat: Jl. H. Muhi XI No. 52, RT 009/04, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
  • Kontak: Rumah (021) 7651436 HP. 08129491849
  • Suami: H. Drs. Mukhlis Abdi
  • Pendidikan: S-1 Pendidikan Agama Islam

About Me: Nama Lengkap: Hj. Nurjanah Hulwani, S. Ag TTL: Jakarta, 9 Maret 1969 Alamat: Jl. H. Muhi XI No. 52, RT 009/04, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Kontak: Rumah (021) 7651436 HP. 08129491849 Suami: H. Drs. Mukhlis Abdi Pendidikan: S-1 Pendidikan Agama Islam
See my complete profile
Aktivitas
  • Ibu Rumah Tangga
  • Ketua Yayasan Nashita Center
  • Penceramah di berbagai Majelis Ta'lim
  • Anggota DPRD DKI Jakarta 2004-2009
  • Calon DPRD DKI Jakarta Dapil Jakarta Selatan dari fraksi PKS, No.Urut 8
Previous Post
Archives
Umpan Balik
Waktu Jakarta
Links
Powered by

Blogger Templates

BLOGGER